Cara Membersihkan Atap Membrane

Meskipun atap membrane merupakan jenis atap yang sangat awet. Sebuah membrane bahkan diklaim bisa bertahan hingga 10-25 tahun. Namun, bukan berarti membiarkannya tanpa perawatan adalah hal yang bijak. Membrane yang kotor dan dibiarkan dalam waktu lama bisa berkurang ketahanannya dan risiko membran jebol pun semakin besar. Kotoran-kotoran seperti daun-daun, ranting, air hujan yang mengendap, lama-kelamaan akan meninggalkan bekas dan kerak dan mengubah warna membrane menjadi kusam. Untuk membersihkan membrane, berikut adalah caranya.

Pesan Tenda Membrane Silahkan Hubungi kami >> Pesan Membrane 

Perawatan Atap Membrane

Kunci agar membrane tetap awet adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan dan menjaga kebersihannya. Pemeriksaan bisa dilakukan secara berkala setiap 6 bulan sekali. Sedangkan untuk membersihkan bisa dilakukan secara rutin selama ada kotoran yang mengendap di membrane. Berikut adalah penjelasan dari kedua langkah tersebut.

Pemeriksaan Atap Membrane

Agar kegiatan membersihkan atap membrane tidak terlalu berat, maka ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan secara berkala. Anda bisa memeriksa 6 bulan sekali apakah ada kotoran atau kerusakan yang terdapat di permukaan membrane. Umumnya, setiap titik membrane memerlukan perawatan yang berbeda-beda. Bagian membrane yang cenderung terkena sinar UV dan hujan secara langsung biasanya lebih rentan dan membutuhkan perawatan lebih. Selain itu, faktor lokasi membrane juga sangat mempengaruhi umur membrane. Jika membrane berada di bawah pepohonan dan sering terkena ranting tanpa dibersihkan, maka langkah pembersihan sangat dibutuhkan.

Membersihkan Atap Membrane

Umumnya ada dua cara yang sering dilakukan untuk membersihkan membrane. Yang pertama adalah dengan naik ke atap langsung dan membersihkan kotoran di atas. Sedangkan yang kedua adalah dengan menyemprotkan air ke atas permukaan membrane. Untuk pilihan yang pertama biasanya dilakukan oleh para ahli dan harus dilengkapi dengan perangkat keselamatan. Cara yang kedua lebih sederhana. hanya perlu diperhatikan saat membrane sudah di semprot secara keseluruhan namun jika masih ada beberapa titik yang tidak terjangkau, maka cukup dengan di biarkan saja jangan menggunakan benda2 keras untuk meraihnya, karena bisa merusak bahan membrane. untuk hal ini anda bisa panggilkan orang yang ahli untuk membersihkan membrane. Perlu di ketahui bahwa tenda membrane dengan merek bagus kelebihannya adalah sangat mudah dalam pembersihannya, apabila terdapat debu pada permukaan membrane, maka akan hilang dengan sendirinya karena tertiup angin ataupun terkena air hujan. Tips : Sebaiknya pemasangan lokasi tenda membrane jauh dari pohon” yang lebih tinggti dari pada ketinggian tenda membrane itu sendiri.

Bahan Pembersih Atap Membrane

Setelah metode pembersihan dipilih, maka selanjutnya adalah bahan pembersih atap membrane. Beberapa bahan pembersih yang aman digunakan adalah sabun. Proses pembersihan bisa dimulai dengan menghilangkan terlebih dahulu kotoran dengan air, apabila dengan air saja sudah bersih maka itu sudah cukup. Setelah itu, berikan cairan pembersih, lalu lap dengan busa spons atau kain halus. Jangan langsung membilasnya. Biarkan selama setengah jam agar cairan pembersih bekerja. Lalu yang terakhir bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap bersih. Sedangkan untuk alat yang harus dihindari untuk membersihkan adalah sikat dengan bulu kasar, air bertekanan tinggi, dan bubuk yang dapat menggores permukaan membrane.

Itulah ringkasan cara membersihkan atap membrane yang bisa Anda ketahui. Dengan memperhatikan membrane berarti memperpanjang usia membrane itu sendiri. semoga bermanfaat.

Cara Membersihkan Atap Membrane

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen − one =

0811-3000-44
error: Content is protected !!